BAB I

PENDAHULUAN 

I.1 Latar Belakang

Saat ini komputer bukan lagi merupakan barang mewah, alat ini sudah digunakan di berbagai bidang pekerjaan seperti halnya pada bidang pendidikan. Pada awalnya komputer dimanfaatkan di sekolah sebagi penunjuang kelancaran pekerjaan bidang administrasi dengan memanfaatkan software microsoft word, wxel dan acces. Sekarang tidak sebatas itu saja kemajuan teknologi ini komputer bahkan internet mempunyai posisi yang sangat penting dalam dunia pendidikan yaitu sebagai salah satu media pembelajaran, diharapkan penerapan media ini murid-murid lebih semangat , menarik, menyenangkan dan lebih kreatif lagi, hal inilah yang melatarbelakangi pembuatan makalah ini.

I.2 Tujuan Penulisan

Selain untuk memenuhi tugas Dastek Informatika dan Komunikasi penulis juga mempunyai tujuan tertentu diantaranya:

1. Agar memiliki wawasan mengenai kemajuan teknologi dalam dunia pendidikan

2. Agar mampu merealisasikan dan memanfaatkan dengan baik kemajuan teknologi dalam dunia pendidikan.

BAB II

PEMBAHASAN

2.1 Manfaat TIK Sebagai Media Pembelajaran

Guru dikatakan sebagai seseorang yang mengelola kegiatan pembelajaran bagi para peserta didiknya. Segala sesuatu yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran di dalam kelas menjadi wewenang dan tanggungjawab guru. Sumber-sumber belajar apa saja yang akan dimanfaatkan di dalam kelas adalah sepenuhnya berada di tangan guru. Metode pembelajaran yang bagaimana yang akan dterapkan di dalam kelas untuk menyajikan materi pelajaran tertentu adalah juga menjadi tanggungjawab guru. Sekalipun sudah ada panduan tentang metode pembelajaran yang ditetapkan untuk digunakan guru dalam menyajikan materi pelajaran, namun tetap saja guru memiliki kewenangan untuk memilih dan menetapkan metode pembelajaran yang akan digunakannya di dalam kelas.

Pengadaan media TIK untuk kegiatan pembelajaran bisa saja berasal dari sekolah itu sendiri atau dan pihak lain. Pada dasarnva tidak menjadi masalah dari manapun asalnya media TIK yang sampai di sekolah. Yang justru lebih penting lagi adalah bagaimana menyiasati agar media TIK yane teiah tersedia di sekolah dapat dioptimalkan pemanfaatannya bagi kepentingan pembelajaran peserta didik. Beberapa contoh media TIK yang mulai banvak tersedia di pasaran adalah CD/kaset audio, VCD, dan internet. Sehubungan dengan semakin maraknya ketersediaan media TIK untuk kegiatan pembelajaran, baik di pasaran, yang diadakan sekolah dari berbagai pihak, maka sebelum memanfaatkannya di dalam kelas, beberapa tips berikut ini perlu kiranya mendapatkan perhatian:

1. Mempeiatan maten odaiaran vane dikemas di daiam media TIK

Dengan kemajuan UK dewasa ini, para guru dapat mencatat daftar websites yang memang memuat maten oeiaiaran yang berkaitan denean maten peiaiaran yang akan dibahas di dalam kelas. Tidak hanya mencatat website-nya tetapi juga materi pelajaran

hendaknya dilakukan guru secara terencana. Demikian juga dengan alokasi waktu bagi peserta didik untuk mengeriakan tugas vang diberikan.

Manakala di sekolah telah tersedia perangkat komputer dan akses ke internet, maka guru

Tidak hanya sekedar mengunjungi websites tertentu saja, tetapi para peserta didik juga ditugaskan untuk mendiskusikan materi peiaiaran vang dikemas di daiamnya,

Mengakses websites tertentu yang ditugaskan guru dapat saja dilakukan peserta didik di iuar iam peiaiaran sekoiah atau seiama peserta didik masifa berada di sekoiah, Apabila selama berada di lingkungan sekolah, peserta didik dapat saja mengakses websites yang ditugaskan guru di lab komputer. Peserta didik akan merasa tebih fehmsti mdaksanakan tugas yang diberikan guru apabila ada jam pelajaran kosong. Atau, setidak-tidaknya ada satu iam petaiaran yang diperuntukkan guru kepada peserta didik untuk mengakses

websites dan mendiskusikan materinya. Tentunya akan iebih baik lagi apabila peserta didik meiaksanakan tugas di iuar jam peiaiaran sekoiah.

Mengkomunikasikan rencana pemaiifaatan media i IK kepada peserta didik

Setidak-tidaknya ada 2 alasan mengapa dinilai penting mengkoniunikasikan rencana pemantaatan media i IK kepada peserta didik adalah aear peserta didik dapat mempersiapkan (a) dirinya untuk mempelajari materi pelajaran yang akan disajikan

pembelajaran melalui media TIK. Dari sisi guru sendiri, ada tuntutan agar guru lebih (a) mempersiapkan dirinya meneenai materi peiaiaran yang akan dibahas, (b) mempersiapkan fasilitas yang dibutuhkan (dalam kondisi baik) agar tidak menjadi hambatan sewaktu pemantaatan media 1 iK dilaksanak?m, dan (c) mempersiapkan ruangan yang akan meniadi tempat pemamitttan media i IK.

Apabila memungkinkan, rencana pemanfaatan media TIK dalam kegiatan pembelajaran

diperuntukkan sebagai tempat pemanfaatan media TPL Atau bahkan sehari sebelum

chart Peralatan yang digunakan sekarang biasanya menggunakan sebuah dan LCD proyaktor.

TTK diantaranya kita bisa metiamptfkan animasi dan fifcn, sehingga tamptfannya menjadi Software yang paling banyak cfigmakan untiik presentast adaiah Microsoft PowerpotitL dtantaranya:

ik Tulisan Jangan terlalu kecil karena harus dHihat oteh banyak siswa. c. Perbanyak memasukkan gambar dan animasi d. Usaltakan bentuk presentasi yang interaktif.

Oenibntrast biasanya digunakan untuk menampiikan suatu kegiatan di dspan keias, misalnya eksperimen. Ktta bisa membuat suatu film caracaia meiakukan suatu kegiatan mtsalnya cara melakukan pengtikuran dengan mikrometer yang benar atau mengambil sebagian kegiatan yang panting. Sehngga dsngan cara ini siswa bisa kita arankan untuk melakukan kegiatan yang benar atau mengambil kesimpulan dari kegiatan tersebut Cara lain adatah memanfaatkan media internet kMa bisa menampitkan animasi yang berhubungan dengan materi yang krta ajarfcan (meskipun tidak semuanya tersedia).

internet dengan alamat

RightHandRute/RightHandRute.html

Virtuai Experiment

Maksud dari virtual eksperimen disini adalah suatu kegiatan labofatofium yang

memanfaatkan software virtual eksperimen misalny a Crocodile Cups. Software mi bisa didownioad di Wtpr//www-Cfococttte<?Bpg-Coiitfs3 14sp , tfltapi ktta hams rogistef duhi untuk mendapatkan active code yang bertaku untuk satu buten. Metode mi bisa djgunakan jika kita tidak mempunyai laboratorhnn ff>A yang lengkap atau digunakansebeton melakukan eksperimen yang sesungguhnya. Ketas virtual

Maksud kelas virtual di sini adalah siswa belajar mandiri yang berbastskan web, mtsamya menggunakan moodle. Saya berikan contoh bentuk keias mayayang sedang fcaml kembangkan di MAN 2 CiamJs. Pada keias maya ini siswa afcan mendapatkan materi, tugas dan test secara online. Kita sebagai gum memperoteh kemuttahan daiam memeriksa tugas dan meniiai basil upaa siswa. Teratama aasM upan siswa akan ifinflai

2.2 fgdf
tarfibaft pada penibahan paaat daiam kaMdupan yang mangaiami panambahan dan Siawa menggunakan parangkat Taknotogi infofmasi dan Komunikasi untitk mancari,

manggunakan Teknotogi Jnformasl dan Komuntfcasi, stswa akan dangan cepat

siswa kanana panggunaan Teknotogi hrfoffmasl dan Komunikaai akan mangambangkan
ipan dan ctfmana penggunaan Tataoiogi Infonmtst dan

Many adtrfcan siswa akan potensi perkembangan teknotogi aifofmasi dan komunikasi

mempeJajari Teknotogi hrfonnasi dan Komunlkaai sebagai dasar untuk bel^ar sepatgang

hayaL

2. IKmotivaai fcemampuan siswa utttuk mm beradaptasi dan mengantisjpasi
dan met^alani aktifitas kehidupan s«hari-liari s«cara mandiri dan lebtfi percay a dm. Komunikasf untuk mendtiktmg kegiatan belajar, bekarja, dan berbagai aktifitas data

4. Mcngembangkan fcamampuan belajar berbasis Teknotogi hrfoniiasi dan Komunikast, terampil dafare beffcomunikast, tetampil mengorganisasi Mfotmasi, dan tattoiasa

5. Mengembangkan kemampuan baiajar rnandki, beraitsiatif, inovattf, kreatif, dan

JJaiam menelisik masalah peng integrasian atau penyatuan TIK (teknologi, infonnasi dan

komunikasi) di sckolab dasar kite hams meKha* heherapa peran yang Hijalankan ftfcfr pihak-pihak yang berkompeten di sekolah. Pertania peran sekolah sebagai institusi yang melahirkan kebijakan, kedua gunj kelas sebagai aktor utama di lapangan

£» Sekolah

Sebagai institusi sekolah mempunyai mekanisme yang berbeda-beda dalam proses pembelanjaan anggaran di setiap tahunnya. Banyak sekolah yang masih berpikir bahwa fasilitas yang terpenting dikembangkan hanya fasilitas fisik saja. PadahaJ jika sedikit demi sedikit anggaran dipergunakan untuk pembelaniaan infrasmiktur UK maka sebuah

sekolah akan mempunyai arah yang jelas dalam pengembangan UK. Terbukti banyak sekolah sudah muiai menampilkan fasilitas TIK sebagai nilai jual, tcrutama bagi sekolah swasta.

‘ Berapapun anggaran yang telah dibelanjakan oleh pihak sekolah akan menjadi sia-sia apabila sekolah tidak melakukan;

c. Bcntuk pclatihan yang bcrsifat TOT atau training of trainer. ‘

d. Dalam forum rapat atau evaluasi program, sempatkan adakan forum TIK. Sebuah i ajang untk bcrbagi kisah sukscs dalam pcnggunaan TIK. !

Guru kelas ‘

Guru kelas sebagai pihak yang bersentuhan langsung dengan siswa mempunyai peran pcnting dalam pcngintegrasian TIK. Guru kelas bisa mcnjadi contoh langsung atau role model bagi pengunaan perangkat TIK di sekolah. Banyak sekolah yang sudah memulai untuk melengkapi ruang kelas dengan satu computer. Dengan memaksimal kan peran satu komputer di kelas, siswa akan merasakan manfaat yaitu bertambahnya sumber belajar. Inisiatif guru kelas untuk sering-sering berkonsultasi dengan guru TIK juga diperlukan. Dengan demikian guru TIK bisa membantu mewujudkan apa keinginan dari guru kelas dalam kaitannya dengan integrasi UK, Guru kelas juga bisa memulai mengajarkan langkah-langkah dalam melakukan riset yang sederhana bagi siswa (metode big six). Banyak dari cabang dalam TIK yang memang membantu siswa dalam melakukan riset atau menampilkan hasil pembelajaran yang dilakukan siswa. Misalnya internet dan CD Rom yang bisa membantu mendapatkan informasi dalam waktu cepat. Apabila guru sudah membelajarkan siswa cara mencari informasi dan melakukan riset, siswa akan lebih efisien dan efektif dalam mencari informasi

Berikut ini contoh integrasi yang bisa guru kelas lakukan secara mandiri maupun dengan ; bantuan guru UK di lab computer maupun dengan computer yang ada dikelas, I kegiatannya antara lain;

a. Membuat diagram
b. Membuat rentang waktu (time line)
c. Membuat graflk
d- MmnKno* poiot- atau rtaskah
\ Membuat karya video
f. Memproduksi rekaman suara seperti orang sedang melakukan siaran radio atau ™ pendongeng “7
g. Membuat karya puisi, cerita atau naskah pementasan
h. Merancang booklet
i. Merancang brosur atau atribut pelengkap kampanye lingkungan hidup misalnya.
j. Membuat peta pikiran
k. Membuat lukisan dengan computer
1. Membuat komik
m. Membat denah ruangan
n. Memutar CD Rom
o. Mencari informasi di internet