Pada saat ini kita telah memasuki Tahun Ajaran Baru  APLIKASI DAPODIKDASMEN 2020 / APLIKASI DAPODIK 2020


Update Informasi Persiapan Rilis Aplikasi Dapodikdasmen 2020 / Aplikasi Dapodik 2020. Pada saat ini kita telah memasuki Tahun Ajaran Baru 2019/2020, sekolah telah melakukan proses periodikal pembelajaran mulai dari proses kelulusan siswa, kenaikan tingkat dan juga penerimaan siswa baru. Semua proses periodikal yang dilaksanakan tersebut tentunya harus diikuti dengan pemutakhiran data pada sistem pendataan Dapodik dengan merlisi Rilis Aplikasi Dapodik 2020 / Aplikasi Dapodikdasmen 2020. Aplikasi ini akan digunakan dalam pemutakhiran data pada Tahun Ajaran Baru 2019/2020


Aplikasi Dapodik versi 2020 / Aplikasi Dapodikdasmen verisi 2020 saat ini sedang dalam tahap pengujian, dan direncanakan akan dirilis pada awal Agustus 2019. Untuk persiapan melakukan pemutakhiran data Tahun Ajaran Baru 2019/2020, ada beberapa hal untuk diperhatikan:

1. Data siswa baru kelas 1, 7, dan 10 diinput kedalam Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 / Aplikasi Dapodik Versi 2020 yang digunakan untuk input data Semester 1 Tahun Ajaran 2019/2020.

2. Proses kelulusan untuk siswa tingkat akhir, yaitu kelas 6, 9 dan 12 akan dilakukan oleh Admin Dapodik Pusat secara otomatis oleh sistem. Jadi operator Dapodik Sekolah TIDAK DIPERBOLEHKAN melakukan proses kelulusan pada Aplikasi Dapodikdasmen versi 2019..

3. Sekolah TIDAK DIPERBOLEHKAN menambahkan data siswa baru dan data siswa naik kelas di Tahun Ajaran 2019/2020 pada Aplikasi Dapodikdasmen versi 2019.e. Proses memasukkan data siswa baru Tahun Ajaran 2019/2020 dilakukan menggunakan teknik tarik data online melalui Manajemen Sekolah Dapodikdasmen setelah Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 dirilis.

4. Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 / Aplikasi Dapodik Versi 2020 saat ini sedang dalam tahap pengujian, dan direncanakan akan dirilis pada awal Agustus 2019.

5. Sinkronisasi menggunakan Aplikasi Dapodikdasmen versi 2019.e masih dibuka untuk melakukan perbaikan data Semetser 2 Tahun Ajaran 2018/2019 sampai dengan akhir Juli 2019.



Demikian informasi terkait Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 / Aplikasi Dapodik Versi 2020. Semoga bermanfaat.



Informasi sebelumnya tentang Rilis Patch Pembaruan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019.e


Dapodikdasmen Versi 2019.e

Sebagai tindaklanjut laporan adanya beberapa bug/kesalahan aplikasi pada Versi 2019.d, maka telah dilakukan perbaikan-perbaikan dan kembali saat ini dirilis Pembaruan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019.e. Bagi sekolah yang menggunakan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019.c dan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019.d, dapat melakukan pembaruan dengan mengunduh dan menginstall Patch Dapodikdasmen Versi 2019.e atau melalui Pembaruan secara Online. Disarankan telah melakukan sinkronisasi terlebih dahulu sebelum melakukan pembaruan ke Versi 2019.e.



Tata cara melakukan pembaruan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019.e sebagai berikut:

1. Unduh file PATCH Dapodikdasmen versi 2019e pada menu unduhan laman dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id atau pada bagian Lampiran pada berita ini.

2. Jika sudah terinstall Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019.c atau Versi 2019.d maka dapat langsung melakukan installasi Patch Dapodikdasmen Versi 2019e tanpa harus melakukan Uninstall Aplikasi Dapodikdasmen.

3. Lakukan installasi sampai dengan selesai.

4. Lakukan refresh (Ctrl + F5).


Tata cara melakukan pembaruan secara Online sebagai berikut:

·          Pastikan komputer terkoneksi internet.

·          Silahkan login pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019.c atau Versi 2019.d.

·          Masuk pada menu Pengaturan, Cek Pembaruan Aplikasi, klik pada tombol “Cek Pembaruan”.

·          Maka ditampilkan keterangan bahwa Pembaruan Tersedia. Pembaruan Tersedia (Dapodik 2019.e) Apakah Anda ingin melanjutkan? Pastikan tidak menutup jendela browser sebelum proses pembaruan selesai!

·          Klik tombol “Lanjutkan”, maka sistem akan melakukan update pembaruan.

·          Setelah proses selesai, klik tombol “Muat ulang halaman sekarang”.

·          Jika diperlukan, lakukan refresh (Ctrl + F5).


Berikut adalah daftar pembaruan pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019.e:

·          [Perbaikan] Perbaikan bugs ketika menampilkan GTK pada Manajemen Pengguna

·          [Perbaikan] Perbaikan bugs pengisian lintang dan bujur pada menu DUDI

·          [Perbaikan] Perbaikan bugs pada rombongan belajar untuk tingkat TKLB pada bentuk pendidikan SLB

·          [Perbaikan] Perbaikan bugs validasi pada saat mendeteksi No Kitas untuk peserta didik warga negara asing

·          [Perbaikan] Perbaikan bugs sinkronisasi untuk pengiriman pada kelompok mata pelajaran muatan sekolah

·          [Perbaikan] Perbaikan bugs pada saat menampilkan daftar peserta didik

·          [Perbaikan] Perbaikan nama kelompok mata pelajaran Ekstensi Team Teaching (Kejuruan) menjadi Kejuruan pada profil GTK

·          [Perbaikan] Perbaikan validasi untuk mengecek rasio rombel terhadap jumlah peserta didik

·          [Perbaikan] Perbaikan validasi NIK khusus untuk peserta didik yang tinggal di panti asuhan tidak diwajibkan

·          [Perbaikan] Perbaikan security sinkronisasi

·          [Pembaruan] Penambahan validasi untuk medeteksi nama mata pelajaran pada pembalajaran jika lebih dari 50 karakter


Link download Patch Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019.e


Demikian informasi tentang Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019.e. Atas perhatian dan kerja sama Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.


=====================


Update Patch Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019.d. (2019d)


 Pada saat ini kita telah memasuki Tahun Ajaran Baru  APLIKASI DAPODIKDASMEN 2020 / APLIKASI DAPODIK 2020


Agar proses pemutakhiran data Dapodik Semester 2 Tahun Ajaran 2018/2019 tidak terhambat dengan bugs/kesalahan aplikasi yang ada, maka telah dilakukan perbaikan dan saat ini dirilis Patch Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019.d. Untuk melakukan pembaruan ke Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019.d dapat dilakukan dengan mengunduh dan menginstall Patch. Disarankan Telah Melakukan Sinkronisasi Terlebih Dahulu sebelum melakukan install Patch dapodikdasmen 2019d.


Tata cara melakukan pembaruan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019.d melalui install Patch adalah sebagai berikut:

·          Unduh file PATCH 2019.d melalui link di bawah ini

·          Lakukan installasi sampai dengan selesai.

·          Lakukan refresh (Ctrl + F5).

  

Berikut adalah daftar pembaruan pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019.d (2019d):

·          [Perbaikan] Perbaikan bugs filter ketika memetakan anggota rombel khusus untuk sekolah baru

·          [Perbaikan] Perbaikan bugs pembelajaran untuk SMK Kurikulum 2006

·          [Perbaikan] Perbaikan bugs pada saat pemilihan wali kelas untuk rombongan belajar SKS

·          [Perbaikan] Perbaikan bugs validasi pendeteksian siswa tingkat akhir SMK wajib mengikuti prakerin

·          [Perbaikan] Perbaikan bugs validasi untuk No Kitas warga negara asing

·          [Perbaikan] Perbaikan validasi menjadi warning untuk Peserta Didik berstatus Warga Negara Asing yang tidak memiliki NISN

·          [Perbaikan] Perbaikan validasi menjadi warning untuk Peserta Didik dan GTK yang belum mempunyai NIK khusus untuk Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara dan NTT

·          [Pembaruan] Penambahan validasi untuk Rombongan Belajar yang salah dalam memilih tingkat pendidikan

·          [Pembaruan] Penambahan fitur di Manajemen Pengguna dapat merubah username namun hanya untuk akun GTK

·          [Pembaruan] Penambahan informasi terkait isian yang masih invalid ketika akan menyimpan data Peserta Didik

  

Berikut ini Link unduhan Patch Dapodikdasmen Versi 2019.d (2019d) Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019.d



======================


Aplikasi  Dapodikdasmen Versi 2019.c (Dapodik Versi 2019.c).


 Pada saat ini kita telah memasuki Tahun Ajaran Baru  APLIKASI DAPODIKDASMEN 2020 / APLIKASI DAPODIK 2020


Aplikasi  Dapodikdasmen Versi 2019.c (Dapodik Versi 2019.c). Data  Pokok  Pendidikan  dasar  dan  menengah  adalah  salah  satu  sistem pendataan  yang  dikelola  oleh   Direktorat  Jenderal  Pendidikan  Dasar  dan Menengah yang memuat data satuan pendidikan, peserta didik, pendidik dan tenaga  kependidikan,  dan  substansi  pendidikan  yang  disebut  sebagai  entitas data, dan terus menerus diperbaharui secara daring.  Hasil pengumpulan data melalui Dapodik menjadi dasar diterbitkannya data statistik pendidikan yang memberikan akses informasi kepada para pemangku kepentingan.


Sistem  pendataan  Dapodikdasmen  pada  tahun  pelajaran  2018/2019 mengembangkan  pembaruan  Aplikasi  Dapodikdasmen  versi  terbaru  yang diberi  nama  Aplikasi  Dapodikdasmen Versi 2019.c (Dapodik Versi 2019.c).  Secara  sistem,  pembaruan  versi 2019.c disiapkan untuk  dapat  memenuhi  kebutuhan  pemanfaatan  data  di semester  genap  ini. Aplikasi  Dapodikdasmen  versi 2019.c  dikemas  dalam  bentuk  installer, sehingga perlu proses uninstal aplikasi Dapodik versi sebelumnya.


Pembaruan  yang  paling  menonjol pada Aplikasi  Dapodikdasmen Versi 2019.c (Dapodik Versi 2019.c) diantaranya penambahan  validasi  untuk pengisian NIK pada tabel peserta didik dan GTK, perbaikan data GTK hanya dapat  dilakukan  oleh  GTK  yang  bersangkutan  menggunakan  akun  masing-masing, penguncian isian jenis kelamin dan NIK pada tabel GTK dan peserta didik,  dan  beberapa  perbaikan  lainnya  dalam  rangka  menyempurnakan aplikasi versi sebelumnya.


Aplikasi  Dapodikdasmen Versi 2019.c saat  ini  tersedia  dalam  bentuk  file installer yang merupakan hasil perbaikan dan pembaruan dari aplikasi versi sebelumnya.  Untuk  mengunduh  Aplikasi  Dapodikdasmen  Versi 2019.c. Beberapa Perubahan Aplikasi  Dapodikdasmen Versi 2019.c (Dapodik Versi 2019.c) dibandingkan aplikasi dapodik versi sebelumnya.

1. Perubahan  data  pribadi  pada  GTK hanya  dapat  dilakukan  oleh  GTK bersangkutan. Perubahan  data  individual PTK  dan  data  rinci  PTK mengharuskan  login menggunakan  akun  PTK masing-masing  yang  sudah di  buat  pada  menu penugasan

2. Perbaikan  validasi  pengecekan  mata pelajaran  yang  tidak  terdapat  di struktur kurikulum

3. Perbaikan  Bugs  pada  saat  pemilihan mata pelajaran pada pembelajaran. Jadi pada aplikasi Aplikasi  Dapodikdasmen Versi 2019.c (Dapodik Versi 2019.c)  tidak bisa  merubah mata pelajaran pada pembelajaran

4. Menonaktifkan  tombol  proses bersama  kelulusan  pada  jenjang Dikmen. Proses luluskan tingkat akhir akan  di  lakukan  oleh  tim pusat

5. Menonaktifkan  tombol  Luluskan  PD Tingkat  Akhir  pada  menu Romboongan Belajar

6. Menonaktifkan  tombol  Batalkan Registrasi  pada  menu  Peserta  Didik Keluar

7. Penguncian  tombol  Tambah  Siswa Kelas  1  SD  hanya  dapat  dimapping pada rombel tingkat 1 saja

8. Penguncian  perubahan  variabel jenis_kelamin,  tempat_lahir  dan NIK pada formulir GTK

9. Penguncian  perubahan  variabel jenis_kelamin  dan  tempat_lahir  pada formulir Peserta Didik

10. Mengosongkan isian default pada saat penambahan rombongan belajar

11. Menginvalidkan semua referensi yang terkait  GTK  jika  referensi  sudah  di non aktifkan dari pusat

12. Perubahan  validasi  variabel  NIK, NISN,  lintang  dan  bujur  wajib  diisi bagi  Peserta  Didik  yang  Kelas

13. Perbaikan  bugs  pada  saat  tambah peserta didik untuk SILN

14. Perbaikan  bugs  pada  saat  update pembaruan sinkronisasi

15. Perbaikan  menu  rombongan  belajar untuk mengakomodir program SKS

16. Perbaikan alur pengisian peserta didik yang mengikuti program SKS

17. Penguncian jam mengajar per minggu sesuai kurikulum yang berlaku

18. Perbaikan  dan  Penyempurnaan pencegahan  proses  sinkronisasi  jika terdeteksi  menggunakan  prefill  yang telah  digunakan  dan  berhasil melakukan sinkronisasi sebelumnya

19. Perbaikan  dan  Penyempurnaan  pada saat  registrasi  baik  online  ataupun offline  dengan  penambahan persentase progress bar

20. Perbaikan  dan  Penyempurnaan  web service  lokal  menggunakan teknologi Bearer Authentication

21. Penambahan  Menu  Nilai  UKK  (Uji Kompetensi  Keahlian)  khusus  untuk bentuk pendidikan SMK

22. Penyesuaian  terhadap  penambahan bentuk pendidikan baru yaitu SMAK

23. Penambahan  filtering  bagi  peserta didik  hanya  bisa  naik  kelas  satu tingkat di atasnya

24. Penambahan  pemicu  pembatalan perubahan  tingkat  pendidikan, kurikulum  dan  program  keahlian (untuk  jenjang  Dikmen)  jika rombongan  belajar  tersebut  sudah terisi  anggota  rombel  dan pembelajaran

25. Penambahan filter pada saat mapping anggota  rombel,  peserta  didik  tidak bisa turun kelas dan loncat kelas

26. Penambahan  validasi  untuk Penyelenggara Pondok Pesantren

27. Penambahan  validasi  bagi  peserta didik tingkat akhir pada jenjang SMK harus  sudah  pernah  mengikuti Prakerin Siswa

28. Penambahan  validasi  bagi  peserta didik  tingkat  akhir  harus  memiliki NIS/NIPD


Unduh Aplikasi  dan Panduan Dapodikdasmen Versi 2019.c 


Selengkapnya silahkan download Aplikasi  Dapodikdasmen Versi 2019.c (Dapodik Versi 2019.c) dan Buku Panduan Aplikasi  Dapodikdasmen Versi 2019.c (Dapodik Versi 2019.c)


Untuk download Aplikasi  Dapodikdasmen Versi 2019.c lakukan langkah-langkah sebagai berikut:

2.  Klik menu Unduhan


Contoh link unduh prefill untuk provinsi dengan kode 28 yaitu Banten


Untuk Provinis Lain Silahkan Ganti Kode Provinsi. Misalnya Kode Provinsi Banten 28, jika Anda berasal dari Provinsi  DKI Jakarta, maka kode 28 diganti dengan kode 01.



Berikut ini daftar Kode Provinsi untuk mendownload Prefil Dapodik versi 2019.c.


Kode Provinsi Untuk Donwload Prefill Dapodikdasmen Versi 2019.c (Dapodik Versi 2019.c

Untuk download Buku Panduan Aplikasi  Dapodikdasmen Versi 2019.c (Dapodik Versi 2019.c) bisa menunjungi langsung laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/ untuk mendapat informasi yang terupdate atau bisa langsung download DISINI.


Demikian informasi tentang Aplikasi  Dapodikdasmen Versi 2019.c (Dapodik Versi 2019.c) dan Buku Panduan Aplikasi  Dapodikdasmen Versi 2019.c (Dapodik Versi 2019.c).  Semoga ada manfaatnya, terima kasih. 


=======================



Informasi sebelumnya tentang Dapodikdasme Versi 2019.b


 Pada saat ini kita telah memasuki Tahun Ajaran Baru  APLIKASI DAPODIKDASMEN 2020 / APLIKASI DAPODIK 2020Berikut ini kutipan informasi Rilis Pembaruan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019.b.  Kepada Yth. Bapak/Ibu Kepala Dinas Pendidikan Provinsi, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Kepala LPMP, Kepala SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB di seluruh Indonesia disampaikan informasi tentang Rilis Pembaruan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019.b sebagai berikut:



Dalam rangka untuk terus meningkatkan kualitas data Dapodik dan memperhatikan masukan-masukan dari berbagai pihak, maka senantiasa juga dilakukan pembenahan terhadap Aplikasi Dapodikdasmen. Pembenahann juga merupakan kebutuhan dan upaya untuk melakukan sinkronisasi terhadap aturan/regulasi yang berlaku, serta menyelaraskan terhadap prosedur dan mekanisme pemanfaatan data Dapodik untuk berbagai transaksi di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.


Setelah beberapa waktu yang lalu telah dirilis Pembaruan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019.a, maka saat ini kembali dirilis Pembaruan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019.b. Bagi sekolah yang menggunakan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019 dan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019.a, dapat melakukan pembaruan secara ONLINE. DISARANKAN TELAH MELAKUKAN SINKRONISASI TERLEBIH DAHULU sebelum melakukan pembaruan online.


Langkah-langkah untuk melakukan pembaruan secara online sebagai berikut:

a) Pastikan komputer terkoneksi internet.

b) Silahkan login pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019/ Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019.a

c) Masuk pada menu Pengaturan, Cek Pembaruan Aplikasi, klik pada tombol “Cek Pembaruan”.

d) Maka ditampilkan keterangan bahwa Pembaruan Tersedia. Pembaruan Tersedia (Dapodik 2019.b) Apakah Anda ingin melanjutkan? Pastikan tidak menutup jendela browser sebelum proses pembaruan selesai!

e) Klik tombol “Lanjutkan”, maka sistem akan melakukan update pembaruan.

f) Setelah proses selesai, klik tombol “Muat ulang halaman sekarang”.

g) Jika diperlukan, lakukan refresh (Ctrl + F5).


Berikut adalah daftar pembaruan pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019.b:

·          [Perbaikan] SMAK, SMTK dan Pasraman dapat memilih Program Kurikulum K13

·          [Perbaikan] Pemberlakuan Permedikbud No 15 Tahun 2018 terkait Pemenuhan tugas tambahan khususnya untul wali kelas dan pembina ekskul

·          [Perbaikan] Pembukaan penugasan GTK selain sekolah reguler Kemdikbud

·          [Perbaikan] Perubahan pembukaan validasi rasio rombel terhadap siswa untuk jenis rombel Kelas Jauh/Kecil, Kelas Terbuka dan rombel SKS

·          [Perbaikan] Perubahan validasi untuk perhitungan rasio rombel terhadap siswa tidak berlaku untuk jenjang SLB

·          [Perbaikan] Perubahan validasi untuk siswa dibawah 5,6 tahun menjadi warning, namun semester depan akan di invalidkan

·          [Perbaikan] Pembukaan kuncian isian nama ibu kandung pada peserta didik jika terdeteksi nama ibu kandung tidak wajar

·          [Perbaikan] Perbaikan isian No. Kitas untuk warga negara asing

·          [Perbaikan] Perbaikan bugs pada rekap peserta didik di dashboard

·          [Perbaikan] Perbaikan bugs pada pembelajaran utk sekolah Non Kemdikbud dan SPK

·          [Perbaikan] Perubahan API maps

·          [Perbaikan] Perbaikan pada security aplikasi


Demikian informasi yang kami sampaikan. Atas perhatian dan kerja sama Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.


=======================


Informasi sebelumnya tentang Dapodikdasme Versi 2019

 Pada saat ini kita telah memasuki Tahun Ajaran Baru  APLIKASI DAPODIKDASMEN 2020 / APLIKASI DAPODIK 2020


Aplikasi Dapodikdasmen / Dapodik Versi 2019 telah dirilis pada tanggal 17 Agustus 2018. Saat ini mana Tim Dapodikdasmen sudah menyelesaikan proses pengujian Aplikasi Dapodikdasmen versi baru, yaitu Dapodikdasmen / Dapodik versi 2019. Pada Aplikasi Dapodik / Dapodikdasmen versi 2019 terdapat perubahan yang cukup signifikan dengan penggunaan database versi baru, pembaruan beberapa fitur dan juga penambahan fitur baru, validasi data serta perbaikan beberapa bug yang sering terjadi pada aplikasi dapodik terdahulu.


Pembenahan-pembenahan tersebut sebagai upaya untuk terus meningkatkan kualitas data dapodik dan juga upaya untuk melakukan sinkronisasi terhadap aturan/regulasi yang berlaku, serta menyelaraskan terhadap prosedur dan mekanisme pemanfaatan data Dapodik untuk berbagai transaksi dilingkungan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.


Aplikasi dapodik / dapodikdasmen versi 2019 menggunakan database versi baru, oleh karenanya Aplikasi dapodik / Dapodikdasmen versi 2019 hanya dirilis dalam bentuk INSTALLER tidak ada versi UPDATER.

Aplikasi dapodik / dapodikdasmen versi 2019


Berikut adalah daftar perubahan pada Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019:

·          [Pembaruan] Penambahan referensi Kurikulum 2013 Revisi

·          [Pembaruan] Penamaan siswa dengan huruf kapital di awal kata

·          [Pembaruan] Penambahan referensi Kurikulum Sekolah Perjanjian Kerjasama (SPK)

·          [Pembaruan] Penambahan referensi Kepanitiaan Sekolah

·          [Pembaruan] Penambahan referensi tugas tambahan Bendahara BOS

·          [Pembaruan] Migrasi hasil integrasi PPDB ke dalam database Dapodikdasmen

·          [Pembaruan] Proses kelulusan bersama untuk siswa tingkat akhir

·          [Pembaruan] Penambahan peringatan dini saat penghapusan data yang berkaitan dengan tunjangan profesi guru

·          [Pembaruan] Penambahan dan mengkadaluarsakan (meng-expired-kan) referensi tugas tambahan guru

·          [Pembaruan] Penambahan referensi prasarana: lapangan, kantin dan lapangan parkir

·          [Pembaruan] Penyatuan Database Dikdas dan Database Dikmen

·          [Pembaruan] Mewajibkan sekolah memilih Kurikulum 2013 untuk rombongan belajar dengan tingkat 1, 7 dan 10 di semua jenjang

·          [Pembaruan] Panambahan tabulasi pada Menu Validasi Lokal untuk mengecek referensi yang terikat dengan data sekolah, GTK, Peserta Didik, Sarpras dan Rombel

·          [Pembaruan] Penambahan validasi dengan status warning untuk mengecek jumlah rombel berdasarkan rasio jumlah peserta didik

·          [Pembaruan] Penambahan validasi dengan status warning untuk peserta didik SD yang berumur di bawah 5 tahun 6 bulan terhitung dari tanggal 01 Juli 2018

·          [Pembaruan] Penambahan validasi dengan status invalid untuk semua TMT pada rincian GTK jika selisih tanggal lahir < 15 tahun dari TMT tersebut

·          [Pembaruan] Penambahan fitur web service untuk digunakan oleh aplikasi selain Dapodikdasmen guna kepentingan sekolah

·          [Perbaikan] Perubahan alur pengisian untuk KIP dan PIP pada peserta didik

·          [Perbaikan] Penonaktifan tambah Peserta Didik Baru untuk jenjang SMP, SMA dan SMK Reguler (kecuali daerah khusus)

·          [Perbaikan] Isian secara otomatis untuk sarana yang berada dalam prasarana sesuai standar prasarana

·          [Perbaikan] Perbaikan pada security aplikasi

·          [Perbaikan] Penyesuaian aplikasi dengan strukur database terbaru (versi 2.80)


Proses tarik dan tambah data peserta didik dapat dilakukan pada laman yang baru, yaitu laman Kelola Data Sekolah. Laman Kelola Data Sekolah dapat diakses pada alamat berikut (Klik Disini). Panduan penggunaan Aplikasi Dapodikdasmen dan Laman Kelola Data Sekolah telah dideskripsikan pada Buku Panduan Aplikasi Dapodikdasmen versi 2019 (terlampir).


Untuk itu kepada seluruh Bapak/Ibu Operator Dapodik untuk segera melakukan upgrade ke Aplikasi Dapodikdasmen versi 2019 dan melakukan pemutakhiran data Tahun Ajaran 2018/2019.


LINK UNDUHAN

a. Installer Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019


b. Prefill Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019


c. Buku Panduan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019


Panduan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019


Langkah-langkah Instalasi Aplikasi Dapodik 2019 (Dapodikdasmen 2019)

·          Setelah semua tahapan persiapan instalasi dilakukan, maka langkah selanjutnya melakukan instalasi dengan menjalankan file full installer yang telah diunduh. Panduan ini menggunakan Aplikasi Dapodik Versi 2019. Proses instalasi dengan status normal akan berlangsung cukup lama yaitu sekitar 15 menit. Selengkapnya ikuti langkah-langkah sebagai berikut:

·          Siapkan file installer yang sudah diunduh. Sebelum melakukan instalasi, sangat disarankan untuk menutup program lainnya.

·          Klik ganda file installer, jika muncul security warning, pilih “Yes” atau untuk komputer dengan sistem operasi windows dengan versi tertentu, klik “Run Anyway”. Selanjutnya akan ditampilkan tampilan jendela aplikasi Dapodik, pilih “Lanjut”.

·          Pada jendela perjanjian persetujuan, pilih “Saya Setuju” dan klik “Lanjut”

·          Selanjutnya pada jendela “Pilih lokasi tujuan” dan secara default otomatis akan mengarahkan lokasi instalasi di “C:\Program Files(x86)\Dapodik”. Pilih “Lanjut”.

·          Pilih folder Start Menu. Secara default, sistem akan otomatis mengisi “Dapodik”. Pilih “Lanjut”.

·          Masuk ke jendela persiapan memasang aplikasi Dapodik, klik “Pasang” untuk memulai proses instalasi aplikasi.

·          Proses instalasi Aplikasi Dapodikdasmen sedang berjalan. Tunggu hingga proses pemasangan ini selesai.

·          Untuk mengakhiri proses pemasangan Aplikasi Dapodikdasmen, klik “Selesai”

·          Setelah proses instalasi maka akan muncul ikon Aplikasi Dapodikdasmen di halaman desktop. Klik ganda pada ikon untuk membuka aplikasi.


Dapodikdasmen 2019


Hal-hal Baru yang terdapat dalam Aplikasi Dapodik 2019 (Dapodikdasmen 2019) yang perlu diperhatikan oleh Para Operator Sekolah, diantaranya:

·          Pada tahun ajaran 2018/2019 penambahan peserta didik untuk jenjang SMP, SMA dan SMK reguler dinonaktifkan. Petugas pendataan wajib melakukan tarik peserta didik melalui laman manajemen sekolah di https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id


·          Bagi sekolah yang ingin menambahkan peserta didik baru yang belum terdata di dapodik dapat menginput data peserta didik secara online melalui laman https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/ (Manajemen Sekolah). Hal yang membedakan dengan proses tarik online yaitu saat proses pemilihan “Sumber Data” .


·          Proses Kelulusan Bersama untuk siswa tingkat akhir. Untuk efisiensi dan efektifitas proses penginputan pada aplikasi dapodikdasmen versi 2019 menambahkan fitur proses kelulusan bersama untuk siswa tingkat akhir. Sekolah yang telah melakukan registrasi pada Aplikasi Dapodikdasmen versi 2019 dapat langsung melihat data peserta didik yang telah lulus pada menu “PD Keluar” . Bagi peserta didik yang tidak lulus dapat dibatalkan dengan melakukan proses batalkan dan data peserta didik kembali dapat di petakan kedalam rombongan belajar.

  

·          Pengaktifan Tabel Penugasan pada GTK Non-induk. Pada Aplikasi Dapodik versi 2019, kolom tanggal surat tugas dan TMT tugas pada tabel penugasan GTK kembali diaktifkan. Hal ini dimaksudkan untuk mengakomodir bagi Guru yang mengajar lebih dari satu sekolah dengan Tanggal Surat Tugas dan TMT yang berbeda dengan sekolah induk.


·          Penambahan dan Penghapusan Referensi Tugas Tambahan.  Penambahan referensi ini ditujukan untuk menyesuaikan aplikasi Dapodikdasmen dengan Permendikbud Nomor 15 Tahun 2018 tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru dan untuk memenuhi kebutuhan data dengan Aplikasi RKAS. Sebagai contoh: penambahan tugas tambahan bendahara BOS, ketua LPS-P1 untuk SMK, koordinator bursa kerja khusus SMK dan kordinator pengembangan PKB/PKG.


·          Rombongan Belajar dan  Jumlah Rombongan Belajar Berdasarkan Rasio Jumlah Peserta Didik. Di tahun ajaran 2018/2019, sesuai peraturan yang berlaku semua rombongan belajar dengan tingkat 1 SD, 7 SMP, dan 10 SMA/SMK wajib menerapkan kurikulum 2013. Isian pada Aplikasi Dapodik menyesuaikan dengan aturan tersebut dengan cara memilih kurikulum 2013 di tingkat tersebut.


·          Jumlah Rombongan Belajar Berdasarkan Rasio Jumlah Peserta Didik mengacu pada Permendikbud No. 22 Tahun 2016. Berdasarkan Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, aturan pengisian jumlah rombongan belajar berdasarkan rasio jumlah peserta didik diterapkan dalam Aplikasi Dapodik versi 2019 ini. Rasio rombel ini hanya berlaku untuk tingkat 1, 7 dan 10.


Ketentuan Rombel dalam Dapodikdasmen Tahun 2019



Contoh Penghitungan Rombel dalam Dapodikdasmen Tahun 2019


Contoh kasus jenjang SD Terdapat siswa baru sejumlah 150 kelas 1 di SDN A. Perhitungan jumlah rombel jika mengikuti Permendikbud No. 22 Tahun 2016 yaitu:

150 siswa : 28 = 5,34. (dibulatkan ke atas = 6)

Keterangan:

150 = siswa baru di SDN A

28 = jumlah maksimum peserta didik per rombel di jenjang SD

Maka jumlah rombel maksimal yang diperbolehkan untuk kelas 1 sejumlah 6 rombel. Apabila rombel dibuat lebih dari 6 rombel maka pada Aplikasi Dapodik akan mendapat peringatan invalid.


Contoh kasus jenjang SMP Terdapat siswa baru sejumlah 200 kelas 7 di SMP

Perhitungan jumlah rombel jika mengikuti Permendikbud No. 22 Tahun 2016 yaitu: 200 siswa : 32 = 6,25. (dibulatkan ke atas = 7)

Keterangan:

200 = siswa baru di SMP C

32 = jumlah maksimum peserta didik per rombel di jenjang SMP

Maka jumlah rombel maksimal yang diperbolehkan untuk kelas 7 tsb sejumlah 7 rombel.

Apabila rombel dibuat lebih dari 7 rombel maka pada Aplikasi Dapodik akan mendapat peringatan invalid.

Selengkapnya silahkan baca Panduan Aplikasi Dapodikdasmen Tahun 2019



Demikian informasi tentang Aplikasi Dapodik 2019 / Aplikasi Dapodikdasmen Tahun 2019. Semoga bermanfaat. 


========================================




= Baca Juga =




Sumber https://ainamulyana.blogspot.com/